Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Pages

Cari Blog Ini

RSS

Kakek Ku Dalang Hebat

Kangen.. Iya itu salah satu kata yang menggambarkan perasaan ku saat ini. Teringat juga dengan masa-masa saat aku masih nyanyi sana sini dari panggung ke panggung. Menemui penonton yang beraneka ragam,teman semua aku sudah lama banget menyanyi.Dulu waktu masih usia 3 tahun aku menyanyi diacara-acara arisan keluarga. Sering juga aku menari tarian jawa karena memang kakek ku memiliki sanggar adat,aku juga sering diminta menjadi penari kalau kekurangan penari. Ingat banget waktu itu aku lagi libur sekolah,waktu itu kakek lagi ngadain acara pagelaran sederhana dan kebetulan gak ada penari jadi aku diminta ikut serta.Kalau dibayangin kayak nya lucu banget deh secara aku waktu itu masih SMP. Dari sebelum acara di mulai kami sudah siap-siap untuk mentas (waktu itu acara nya di lapangan terbuka,jadi semua bisa menikmati hiburan itu). Kalau gak salah waktu itu udah jam 9 malam. Aku baru aja selesai nari,aku langsung kerumah bibi yang kebetulan dekat dari situ.


Berjalan kerumah bibi

Sambil berjalan ke rumah bibi,aku melihat ada seorang cowok mengiringi aku. Yah dia adalah sepupu ku yang menemani aku selagi aku dirumah bibi.Setelah sampai aku segera merapikan semuanya,berganti baju dan beres-beres karena aku akan pergi keacara itu lagi.

Kembali ke lapangan
Gak terasa waktu sudah menunjukkan 2:30 pagi. Yah memang acara pagelaran adat itu lama banget durasi nya biasanya sampai 1 hari 2 malam. Aku masih terus menahan kantuk, aku lihat mereka masih semangat memainkan alat musik gamelan itu,padahal mereka sudah renta. Tapi aku kagum banget karena dibalik tubuh mereka yang renta masih menyimpan semangat yang kuat.
Sepupu ku menghampiri dan memberikan aku sebotol minuman energy " Nih ambil.. Biar gak ngantuk,soalnya kan acara masih lama selesainya. Masih besok pagi." ujar nya. Aku pun langsung meminum nya,entah kenapa mood aq kurang baik saat itu. Aku melihat jalanan sudah sunyi dan gak ada lagi kendaraan yang berlalu lalang.

****

"Sini aku bawain tas kamu, bukan dari tadi dititip aja dirumah jadi kan gak repot bawa-bawa kayak gini." ujar bambang sepupuku. Karena aku sangat bosan kami memilih untuk jalan-jalan melihat situasi desa itu. "Pulang yuk, kayak nya acara nya udah kelar deh, ini udah subuh.Nanti nenek nyariin kita lagi."

****

"Nduk... rene cepet.. nari ndesek yoh, iki acara ne wes arek kelar. Ra usah kanggo kostum,seng penting iki keres di taruh neng pinggang mu. Cepet yoh nduk." kata seorang nenek ku.
Aku bergegas menari dan setelah tarian ku selesai maka seluruh acara pun selesai. Asli deh aku ngantuk parah,mau pulang kerumah buat tidur tapi gak bisa.

****

"Makan ndesek yok, wes tak sediak no iku sarapan ne. Ojo podo muleh yoh! Nduk rene, nenek arep ngomong. Kowe iki wis kelas piro nduk? " Obrolan berlangsung seru.
Waktu sudah pukul 10:22 siang aku bersama nenek ku pun pulang. Sampai dirumah yang pertama aku lakuin adalah tidur, karena sudah gak kuat naham kantuk.

****
"Buk, seru lah acara kemaren. Banyak yang nonton dan acaranya rame banget. " ibu ku hanya tersenyum, "udah sana makan dulu nanti kamu sakit. PR mu sudah siap? jangan sampe karena ini kamu jadi ketinggalan pelajaran"
****
Peristiwa itu gak akan aku lupain, itu kenangan banget, karena sekarang kakek udah hampir 2 tahun meninggal dan sanggar nya juga sudah tak terurus. Terakhir aku dengar semua alat musik dan keris-keris sudah di jual dan ntah dimana sekarang. Aku kangen banget dengan masa-masa itu,dimana aku bisa tertawa lepas dengan semua yang aku suka. Memang darah seni mengalir dalam diriku. Buyut ku adalah seorang dalang hebat pada jaman belanda dan jepang. Sedangkan anak-anak nya adalah penerus sanggar DALANG UMAR. tapi sekarang semua itu hanya kenangan. SANGGAR DALANG UMAR pun lenyap entah kemana karena semua alat sudah dijual. Aku inget banget terakhir aku kesana aku minta di ajarin main kendang. Seemuanya hanya kenangan, dari situlah aku mulai merambah dunia seni yang ternyata memang sangat menyenangkan. Kakek.. Aku kangen kakek.. pengen banget ketemu kakek (ALM. DALANG KADIYAT)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar